Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan bahwa akan terjadi fenomena alam Cold Surge atau Seruakan Angin melalui Laut Cina Selatan. Cold Surge ini merupakan aliran udara dingin yang berasal dari daratan Asia kemudian menjalar memasuki wilayah Indonesia Bagian Barat.

Sumatra Barat akan mengalami intensitas hujan yang cukup tinggi karena menjadi gerbang masuk dari fenomena ini pada 5 Januari mendatang. Cold Surge ini nantinya akan bermuara di Samudra Fasifik, dimana jalurnya akan melawati kepulauan di Indonesia dimulai dari Sumatera Bagian Barat menuju Kalimantan kemudian akan sampai ke Samudra Fasifik dimana dampak yang akan ditimbulkan adalah adanya Peningkatan Curah Hujan di daerah tersebut.

Berdasarkan data prakiraan dari BMKG, Fenomena Cold Surge ini pergerakannya akan masuk di Provinsi Kalimantan Barat setelah tanggal 11 Januari hingga 15 Januari mendatang dengan pergerakan ke arah timur melewati bagian selatan lalu ke Kalimantan bagian timur. Untuk itu, Kepala BPBD Provinsi Kalimantan Barat, CH. Lumano, menghimbau kepada BPBD Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Barat untuk melakukan Persiapan Dini terhadap Fenomena Cold Surge, dimana akan terjadi peningkatan intensitas curah hujan di Provinsi Kalimantan Barat mulai menjelang malam hingga dini hari, sementara pada pagi hari hingga menjelang siang cuaca masih tergolong aman. (onox77.red)

Jumlah Kunjungan : : 203